Tips-tips Belajar Enjoy


Salam, sobat!

Selama ini kita sering ngeluh kalo denger, “Besok ulangan harian!”. Atau ketika kita lagi pusing bin pening, ada yang bilang, “Setelah ini pelajaran IPA”. Duuh…bisa pusing tujuh keliling.

Mengapa begitu? Karena kita memandang pelajaran hanya sebatas pengetahuan untuk mencari nilai. Padahal? Tidak. Kalo kita menjelajah lebih dalam, kita akan menemukan banyak hal yang luar biasa di dalamnya. Contohnya, nih; kita bisa menyebut segala sesuatu di alam semesta ini adalah kimia, tul nggak? Itu baru satu satu contoh. Sebenarnya, masih banyak contoh lainnya yang tak kalah luar biasa, dan akan dibahas di artikel lainnya. Dukung terus, ya…

Nah, ini dia berbagai tips yang insyaAllah bisa membantu kita untuk sukses dalam menuntut ilmu. Let’s cekidot!

 

*Tips Dieniyah

Kita tentu tahu, bahwa hanya Allah yang Maha Mengetahui dan Maha Berilmu. Maka, kita harus menyambung hubungan yang baik antara kita dengan-Nya. Berikut ini berbagai tips dieniyah-nya :

1. Luruskan Niat

“Segala perbuatan tergantung niatnya, dan setiap manusia akan mendapatkan apa yang ia niatkan.”(HR.Muslim). Mengaca kepada hadits tersebut, hal pertama yang harus kita lakukan adalah meluruskan niat. Karena kita akan mendapat apa yang kita niatkan. Masalahnya, bagaimana niat yang benar?

Niat yang paling benar adalah niat menuntut ilmu hanya untuk mencari ridho Allah SWT semata. Karena ridho Allah SWT adalah prioritas kebahagiaan kaum Muslim. Dan lagi, kalo niatnya seperti itu, insyaAllah ilmu kita akan barokah dunia dan akhirat.

2. Jauhi Kemaksiatan

“ilmu ibarat cahaya, dan cahaya Allah tidak akan ditunjukkan/diberikan kepada ahli maksiat.” Yup. Memang benar, bahwa Allah tidak akan memberi hidayah kepada ahli maksiat kecuali ia bertaubat. Begitu juga kita. Jika kita menanam benih-benih keburukan, maka kita akan menuai keburukan. Maka dari itu, kita harus selalu berusaha untuk menjauhi maksiat. Tidak hanya saat menjelang ulangan(berharap ketika ulangan dibantu Allah), akan tetapi di setiap nafas, waktu, dan hidup kita selalu terjaga dari kemaksiatan dan mendedikasikan hidup kita haya untuk Allah semata. So, mulailah hidup bebas narkoba, eeh..bebas dosa. Hehehe…

3. Sangkal bisikan setan

Bisikan setan memang menggiurkan serta menghanyutkan, bak air mengalir yang tenang. Setan pasti selalu mendukung semua perbuatan buruk, bahkan menfasilitasi dengan berbagai hal yang menggoda. Dan jangan lupa, ada setan dari golongan jin dan golongan manusia. Kebanyakan, setan golongan manusia ini lebih mematikan dari pada setan golongan jin. Mengapa? Karena mereka lebih mudah dipercaya dan kasat mata.

Adapun cara-cara menyangkal bisikan setan oleh Spiritual Motivator N. Faqih Syarif H. antara lain adalah sebagai berikut:

  • Ucapkan kalimat ta’awud
  • Tutup telinga disertai pelafalan kalimat ta’awud

Mudah, kan? Setelah kita ketahui berbagai tips dieniyah, sekarang kita beranjak menuju tips ‘ilmiyah.

 

*Tips ‘Ilmiyah

Makhluk memiliki banyak macam, diantaranya adalah hewan dan tumbuhan. Begitu juga hidup, ia memiliki banyak macam. Dua diantaranya adalah kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. Kehidupan dunia adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia. Begitu juga sebaliknya, kehidupan akhirat adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan akhirat atau hai akhir. Berikut ini adalah berbagai tips dunia(‘ilmiyah) yang berhubungan dengan belajar enjoy:

1. Jangan Menunda Belajar

Kebanyakan orang suka menunda pekerjaan dengan berbagai alasan. Baik alasan syar’i maupun non-syar’i. Ini adalah penyakit yang berbahaya. Mengapa? Karena kita akan menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga. Oleh karena itu, bangkit dan segera manfaatkan waktu kita yang tak banyak ini sebelum ajal menjemput.

2. Mililkilah Tokoh untuk Diteladani

Tokoh yang patut diteladani wajib ada dalam kehidupan kita. Tokoh ini berguna untuk memotivasi kita ketika berbuat kesalahan atau dosa. Jiak kita berbuat salah, maka kita akan bertanya dalam hati kita, ”Sudah seberapa dekat posisiku dengan tokoh teladanku?”. Akan tetapi, siapa yang benar-benar patut dan layak untuk diteladani? Dia adalah Rosulullah Muhammad SAW. Beliau diutus Allah hanya untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Dan rahmat Allah itu sangat patut dan layak untuk diteladani dan diterima dengan ikhlas(lapang dada).

3. Buang Sesuatu yang Menggangu Belajar

“Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kita harus mencegah atau membuang sekalipun segala sesuatu yang menggangu belajar kita. Karena sebagian besar dari  kita tidak bisa fokus dengan dua pekerjaan sekaligus. Mereka hanya bisa fokus satu pekerjaan. Begitu pula dalam belajar, harus fokus. Belajar fokus akan menghasilkan belajar yang efektif dan tidak membuang banyak waktu.

4. Selesaikan Belajar secara Tuntas

“Janganlah engkau menunda pekerjaanmu sampai besok, jika kamu mampu menyelesaikannya hari ini”. Kita bisa simpulkan dari untaian peribahasa tersebut, bahwa jika kita mampu(bisa) menyelesaikan belajar/tugas/PR hari ini, maka selesaikanlah dahulu. Jangan beranjak dari belajar itu sampai benar-benar tuntas dan benar. Kecuali jika memang ada udzur(halangan) yang sangat penting. Misalnya; dipanggil oleh orang tua untuk menghadapnya.

 

InsyaAllah, jika kita melaksanakan semua tips-tips di atas sungguh-sungguh dan istiqomah(konsisten). Belajar kita akan semakin mudah dan enjoy. So, selamat mencoba dan semoga sukses!

 

 

Created by : Dakwaheroes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s